by

Manfaat “Bus Pariwisata” bagi yang gemar Traveling

Bus pariwisata adalah jenis layanan bus yang membawa pengunjung bertamasya, dengan rute di sekitar tempat-tempat wisata.

Umumnya definisi dari bus pariwisata juga ada yang lebih luas, yaitu bus yang digunakan untuk keperluan wisata dan merupakan angkutan umum tidak dalam trayek.

Sejarah bus wisata di Amerika Utara dimulai pada awal abad ke-20 ketika truk dikonversi untuk menyediakan sarana untuk jalan-jalan di kota-kota besar Amerika.  Gray Line, operator bus pariwisata terbesar mulai beroperasi pada tahun 1910. Angkutan pariwisata merupakan bisnis sampingan bagi banyak operator bus antarkota karena jenis bus yang sama digunakan (ini tetap berlaku sampai hari ini). Perang Dunia II melihat kemerosotan industri pariwisata, tetapi perlahan-lahan muncul kembali sebagai alternatif.

Banyak musisi, penghibur, penari latar, dan grup musik memiliki bus sendiri (umumnya bus tidur), biasanya disebut sebagai “bus wisata”. Sementara jika tidak semua bus memiliki nilai komersial, ada banyak bus yang dirakit untuk pribadi sebagai rumah berjalan. Rumah berjalan berbasis bus ini dianggap sebagai ujung tombak pasar kendaraan rekreasi.

Tempat duduk beludru atau kulit yang menghadap ke arah perjalanan, sering kali memiliki sandaran yang dapat dilipat (reclining).

Sandaran kaki dan lengan.

Fasilitas hiburan yang terdiri atas TV, pemutar DVD, atau VCR.

WC umum – penumpang jarang menggunakannya kecuali dalam keadaan mendesak,[tidak ada di rujukan] tetapi beberapa bus baru memiliki toilet lengkap

Dispenser air dingin dan kulkas.

Tangga atau ramp khusus difabel.

Jendela dengan kaca film (dilengkapi gorden atau tirai).

Kompartemen bagasi di bawah badan bus, serta rak untuk bagasi tangan di atas tempat duduk.

“Manfaat menggunakan Bus Pariwiata dalam sebuah kebutuhan perjalanan dengan jumlah kepesertaan anggota yang banyak atau masal, Selain untuk mengefisienkan dalam banyak faktor permasalahan yang harus di fikirkan.Salah satunya kebutuhan untuk memudahkan dalam urusan trip perjalanan anda.” Ujar Syakir (salah seorang Pemilik Bus Pariwisata di Aceh)

www.jarrakposaceh.com/syakir

Editor : Botski

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *