Aceh SelatanDaerahNews

Aceh Jaya Tingkatkan Kualitas Pendidikan Berbasis Keagamaan

Calang (JARRAKPOSACEH) – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan memfokuskan untuk peningkatan kualitas pendidikan pada tahun 2021. Target capaian tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMK) Kabupaten Aceh Jaya.

“Arah kebijakan pembangunan pada tahun 2021 sesuai yang tertuang dalam RPJMK Aceh Jaya di fokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan, terutama berbasis keagamaan dalam rangka pelaksanaan “Gerbang Permata” atau gerakan pembangunan pendidikan, agama dan fasilitas ibadah,” kata Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB dalam sambutannya yang di bacakan Sekda Aceh Jaya Mustafa pada saat pembukaan acara RKPK Aceh Jaya 2021 di kantor Setdakab setempat, Selasa (10/3).

Namun demikian pelaksanaan arah kebijakan tersebut tetap harus didukung oleh peningkatan keberlanjutan pembangunan sektor lainnya, yaitu ekonomi, infrastruktur, kesehatan dan pelayanan pemerintah yang baik.

Selain itu, bahwa dalam kurun waktu sejak dimekarkan dari Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2002, banyak capaian pembangunan yang sudah di capai oleh pemerintah Aceh Jaya, baik dari segi peningkatan insfrastruktur maupun upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, penyusunan RKPK Kabupaten Aceh Jaya tahun 2021 harus lebih cermat dan terintegrasi, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Aceh Jaya.

Ia menambahkan bahwa secara umum pembangunan Aceh Jaya pada tahun 2021 mengusung tema “percepatan pembangunan berkualitas melalui pendidikan berdaya saing yang di dukung oleh infrastruktur terintegrasi dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan” dengan menetapkan 5 (lima) prioritas pembangunan, yaitu Peningkatan kualitas sumber daya manusia, Penguatan dinul islam, Pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan ekonomi daerah, Infrastruktur terintegrasi dan berkelanjutan serta peningkatan profesionalisme pelayanan publik.

“Kami sangat mengharapkan saran dan pendapat dari seluruh peserta forum konsultasi publik ini, sehingga rencana pembangunan tahun 2021 yang akan disusun mampu menjawab permasalahan pembangunan yang masih kita rasakan demi kesejahteraan masyarakat Aceh Jaya,” katanya.

Pihaknya juga berharap kepada seluruh peserta untuk dapat serius dan fokus selama pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Kabupaten ini, agar dapat menghasilkan rumusan RKPK Kabupaten Aceh Jaya tahun 2021 yang sesuai dengan harapan.

“Kontribusi pemikiran semua pihak, kami sangat harapkan guna menyempurnakan proses perencanaan Kabupaten Aceh Jaya yang lebih baik, relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat,” Tutupnya.[AL]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button