NasionalNews

Kementrian Agama Tutup Sementara Pendaftaran Umrah

Mentri Agama Fakhrulrazi (Foto/Ist)

Jum’at, 13-03-2020 (JARRAKPOSACEH) – Terkait larangan diterbitkannya visa umrah akibat pencegahan penyebaran Virus Corona oleh Pemerintah Arab Saudi 27 Februari 2020 lalu, Menteri Agama Fachrul Razi menutup sementara layanan pendaftaran umrah dalam aplikasi Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh).

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan antrian jemaah. Selain itu, Fachrul berharap semua jemaah umrah yang masih berada di Arab Saudi bisa pulang pertengahan bulan ini.

“Kita sarankan supaya jangan dibuka dulu, nanti menumpuk terlalu banyak. Sekarang jemaah kita di Arab Saudi masih ada. Kita harapkan tanggal 15 Maret ini selesai semua dipulangkan,” kata Fachrul saat ditemui di Kantor Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Kamis (12/3/2020)

Kemenag secara intens komunikasi dengan Kerajaan Arab Saudi, agar mencabut larangan sementara penertiban visa umrah bagi WNI usai merebaknya virus corona atau covid-19.

“Kita selalu komunikasi dengan Arab Saudi tapi belum ada keputusan,” tuturnya.

Fachrul belum bisa memberi penjelasan terkait banyaknya WNI yang masih menjalankan ibadah umrah di Arab Saudi dan jemaah yang diisolasi akibat Virus Corona.

Meski begitu, pihaknya tetap mempersiapkan pemberangkatan haji tahun ini.

“Iya tetap persiapan-persiapan kita lakukan,” tambah Fachrul.

Meradangnya beberapa negara yang tidak mengizinkan warganya keluar masuk selama serangan Virus Corona berlangsung, mengakibatkan terhentinya segala aspek kehidupan tidak hanya ekonomi, ibadah pun terancam.

Salman Alfarisi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button