Aceh SelatanDaerahNews

Tgk. Kilap Fajar Ditanah Kluet Ternyata Anak Kandung Dari Sulthan Alaidin Riayat Syah Al-Kahar 1537-1568

Foto : Silsilah Keluarga Sulthan Alaidin Riayat Syah (JARRAKPOSACEH/ZA)

Aceh selatan, Kamis, 13/03/2020 (JARRAKPOSACEH) – Tgk Kilap Fajar (Sutan Mangkuto) merupakan anak bungsu dari Sulthan alaidin Riayat Syah Al-Kahar (Marhum Kahar) “Raja Aceh”.

Info yang diterima sewaktu perjalanan Sulthan Aceh menuju Padang Pariaman,sewaktu itu pulalah beliau singgah, kemudian menikah dengan perempuan Kluet dan di karunia 2 orang anak, bernama  Mangkuto Sutan & Sutan Mangkuto.

Ditahun 2010 saya menuju banda aceh untuk memperlihatkan kan silsilah keturunan kami kepada saudara-saudara yang satu keturunan dibanda aceh,setiap Haul raja-raja yang dilaksakan di masing-masing tanggal yang sudah ditentukan saya selalu memperkenalkan bahwa ditanah kluet ada satu keturunan yang berdarah Biru. Muzakir R.A / perwakilan Keluarga besar marhum kahar.

Bukan di Kluet saja, Sulthan Monghul yang di Pariaman juga merupakan satu keturunan dengan Mangkuto Sutan dan Sutan Mangkuto di tanah Kluet, Jika diangkat dari silsilah keluarga besar Raja-Raja Aceh kami masuk kedalam suku 26, tambahnya.

Melihat penyampaian dari salah satu perwakilan keluarga besar yang berdarah sultan alaidin riayatsyah al-kahar ditanah Kluet, ternyata benar (ZA).

Editor : Khaidir

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button