BisnisDaerahNews

Peminat Rencong Marmer Buatan Mahasiswa Politeknik Aceh Selatan Semakin Meningkat.

Foto : Rencong Marmer Produksi Politeknik Aceh Selatan (JARRAKPOSACEH/ZA)

TAPAKTUAN – JARRAKPOSACEH – ” RENCONG” adalah jenis senjata tajam khas Aceh dan merupakan senjata yang paling ditakuti penjajah Belanda tempo dulu.senjata perang yang sering dipakai para pejuang masa itu biasanya terbuat dari besi atau tembaga.

Saat ini rencong tidak lagi dijadikan sebagai senjata pembunuh, melainkan menjadi cinderamata bagi setiap orang yang mendatangi Aceh.Umumnya Cenderamata yang paling terkenal di aceh ini terbuat dari logam, Namun ditangan Mahasiswa politeknik aceh selatan, Rencong menjadi lebih unik karena terbuat dari batu marmer.

Selama ini batu marmer tersebut diolah oleh laboratorium marmer dan granit Poltas untuk berbagai jenis produk seperti lantai marmer, meja, kursi, pot bunga, piring, gelas, dalam skala kecil.

Seperti yang disampaikan oleh Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, batu marmer saat ini menjadi salah satu potensi unggulan diAceh Selatan.

Potensi batu marmer tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Aceh Selatan seperti Sama dua,Mekek,Sawang,Labuhan Haji dan Pasie Raja,” ujar pak Dr. Yasar pada senin 16/03/2020.

Mahasiswa Poltas khususnya Program Studi Teknik Industri diberi peluang seluas-luasnya untuk berkreasi dengan bahan baku batu marmer yang tersedia, karya dan inovasi mahasiswa tersebut akan ditampung dan dipasarkan melalui Inkubator Bisnis (IB) Poltas. Dengan demikian mahasiswa juga berpeluang mendapatkan penghasilan sambil belajar.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini sangat banyak pesanan rencong batu yang diterima, hingga pihaknya sampai kewalahan memenuhi order yang kian meningkat.

Inilah satu keunggulan kuliah di perguruan tinggi vokasi,sebelum meraih Sarajana,mereka yang masih tercatat sebagai mahasiswa sudah dapat bekerja dan memiliki penghasilan. Tutupnya
[ZA]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button