Aceh UtaraDaerahEkonomiNews

Pesangon Belum Dibayar, Ratusan Eks Karyawan Exxonmobil Mengadu ke YARA

LHOKSUKON, JARRAKPOSACEH — Ribuan mantan karyawan PT Exxon Mobil yang saat ini sudah beralih saham Ke PT. PHE NSB Di Aceh Utara, diwakili oleh ratusan perwakilan mereka mengadu ke kantor Yayasan Advokasi Rakyat Aceh ( YARA ) Perwakilan Aceh Utara, Yang berada di jalan Medan banda Aceh Gampong Alue Drien, Kecamatan Lhoksukon.

Mantan karyawan salah satu perusahaan Besar yang sempat beroperasi di Aceh Utara itu mendatangi Kantor YARA untuk meminta perlindungan setelah di PHK oleh perusahaan asing yang berhenti Beroperasi 15 tahun yang lalu, namun menurut pengakuan Para mantan Karyawan PT tersebut pasca di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) Pihak mereka tidak pernah menerima pesangon sepeser pun dari perusahaan Exxon Mobil sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Seharusnya menurut ketentuan UU Ketenagakerjaan No.13 tahun 2003 seharusnya perusahaan wajib memberikan uang pesangon, bagi para mantan karyawan tersebut juga uang penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak sebagaimana diatur dalam Pasal 156 ayat (1) dalam UU Ketenagakerjaan tersebut, Dalam Adagium Hukum Juga mempertegas “Spreekhuis van de wet yang berarti (apa kata Undang-undang itulah hukumnya).

“Dalam Hal ini kami dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Akan melakukan kajian terlebih dahulu persoalan Laporan yang kami terima dan kami dengar Curhatan dari Mantan Karyawan Perusahaan Exxon Mobil ini, untuk sementara ini masi melakukan proses pengumpulan Data terlebih dahulu,” ujar Iskandar PB kepala YARA Perwakilan Aceh Utara.

Menurut penuturan Iskandar, untuk sampai saat ini kasus ini masi dalam proses pengembangan YARA dan pihaknya juga berkordinasikan kasus ini Ke kantor Yara pusat dalam jangka waktu dekat ini, demikian Iskandar PB.[]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button