Connect with us

Aceh Selatan

Balai Bahasa Provinsi Aceh Lakukan Penelitian Tentang Sastra Lisan yang Terdapat di Alat Musik Canang

Published

on

Aceh Selatan, JARRAKPOSACEH — Balai bahasa provinsi Aceh lakukan penelitian tentang sastra lisan yang terdapat di alat musik canang.
kamis 23 juli 2020.

Setelah pengambilan vidio tentang rumah Rungko, “Warisan budaya hampir punah” Oleh tim Balai Pelestarian Nilai Budaya ( BPNB ) Provinsi Aceh Pada Hari Senin, pada hari kamis,tim balai bahasa juga lakukan penulisan tentang sastra lisan yang terdapat pada alat musik canang asal tanah Kluet

Kehadiran para tim dari provinsi,
merupakan salah satu peluang besar bagi masyarakat Kluet untuk memperkenalkan kembali tentang peninggalan orang-orang terdahulu

Dalam amatan Jarrakposaceh kedatangan para tim provinsi ditanah kluet akan membuka pintu bagi sastra lisan dan warisan budaya tak benda dari kepunahannya

Salah satu pemuda penggiat seni budaya tradisi kluet muzakir R.A sangat mendukung atas program yang dilakukan oleh Balai pelestarian Nilai budaya dan tim Balai Bahasa provinsi aceh

Karena dengan kehadiran mereka ditanah Kluet,peninggalan zaman yang hampir punah bisa kembali di lihat dan dirasakan oleh Masyarakat Kluet pada Umumnya

Muzakir RA juga berharap semoga kedepannya seluruh peninggalan para nenek moyang yang tergolong Hampir punah bisa kembali hadir di kehidupan Kita [ZA]

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aceh Selatan

Halal Bihalal, DPC Partai Demokrat Aceh Selatan Lalukan Penyembelihan Hewan Qurban.

Published

on

By

JARRAKPOSACEH, ACEH SELATAN — Dalam rangka menjalin silaturahmi sesama kader, DPC Partai Demokrat Aceh Selatan menggelar kegiatan internal yang dirangkai dengan penyembelihan hewan qurban berupa satu ekor sapi. Acara ini dilaksankan di halaman Kantor DPC Partai Demokrat Aceh Selatan pada hari Minggu, 2 Agustus 2020 atau bertepatan di hari ketiga Idul Adha 1441.

Mengingat situasi daerah tengah diterpa lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, maka pelaksanaan acara dilakukan secara sederhana dan menerapkan SOP protokol kesehatan.

Ketua DPC Partai Demokrat Aceh Selatan Teuku Bustami, SE dalam press releasenya menjelaskan kegiatan tahunan ini terlaksana berkat kerjasama kader Partai Demokrat Aceh Selatan dan bantuan anggota DPR RI asal Aceh yang juga Sekjend DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya (TRH).

” Alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh kader yang telah ikut berpartisipasi. Khususnya kepada Bapak Teuku Riefky Harsya yang telah membantu kesuksesan acara ini. Salam hormat dari kami seluruh kader Demokrat Aceh Selatan”, ucap Teuku Bustami yang juga Pimpinan DPRK Aceh Selatan ini.

Selain untuk bersilaturrahmi dan penyembelihan hewan qurban, kegiatan internal terbatas yang diikuti oleh Pengurus Harian DPC, anggota DPRK Fraksi Demokrat dan Ketua DPAC se-Aceh Selatan ini juga bertujuan menyampaikan intruksi Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terkait pandemi Covid-19 yang terus masif hingga kasus positif semakin meningkat.

“Saya ingin meneruskan pesan Ketum AHY agar setiap kader Demokrat harus pro aktif memberikan edukasi dan informasi yang benar dan terukur kepada lapisan masyarakat”, Lanjut Teuku Bustami.

“Seperti kita ketahui, saat ini di daerah kita terjadi lonjakan kasus. Saya tekankan agar seluruh kader mematuhi himbauan pemerintah. Wabah corona ini nyata adanya. Bukan rekayasa. Daerah kita sudah transmisi lokal. Bantu sosialisasikan anjuran pemerintah agar mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Jika tidak begitu penting, untuk sementara ini jangan keluar rumah dulu. Jikapun terpaksa keluar jangan lupa pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, hindari keramaian dan jaga jarak ketika berinteraksi sosial. Ulama kharismatik Aceh, Abu Mudi Samalanga sudah mengingatkan kita semua. Harapan kita, dengan kewaspadaan yang tinggi ini dapat memutus mata rantai siklus penyebaran Covid-19. Mari kita saling mengingatkan. Dari kita, oleh kita dan untuk kita. Disiplin ini bagian dari ikhtiar, seraya kita terus bermunajat kepada Allah SWT agar wabah ini segera berakhir “, pungkasnya yang di amini Sekretaris Erry Zulhendri, Bendahara Rendri Kristian serta Jubir yang juga Ketua Bapilu DPC Partai Demokrat Aceh Selatan Taufik Zain.

Continue Reading

Aceh Selatan

Dewan Pengurus Pusat Forum Ukhuwah Aceh Selatan (DPP FUAS) Lakukan Buka Puasa Bersama

Published

on

By

Aceh Selatan, JARRAKPOSACEH — Silaturahmi dan buka puasa bareng (Bukbar) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan tatkala puasa Ramadan dijalankan.

Saling mengunjungi, berbagi gagasan, dan bertukar cerita menjadi kebiasaan yang tak luput dikerjakan dan dinantikan pada bulan suci ini.

Tahun ini, suasana Ramadan memang terasa cukup berbeda dengan Ramadan tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan dan ditetapkan di sejumlah daerah membuat warga harus mengurangi kegiatan di luar rumah.

Alhasil, aktivitas yang biasa dilakukan selama bulan puasa, banyak berubah. Contohnya, shalat tarawih yang dilaksanakan berjamaah di masjid atau mushala disarankan untuk diselenggarakan di rumah.

Lain cerita, meskipun di tengah pandemi Corona Covid-19, Dewan Pengurus Pusat Forum Ukhuwah Aceh Selatan (DPP FUAS) tetap tidak membatasi semangat ukhuwah dalam menyatukan dan mengumpulkan segenap energi positif, proaktif, dan produktif berbagai elemen para pegiat puasa di bulan suci.

Hal ini tetap dilakukan dengan tidak menyalahi aturan Pemerintah Aceh dan mengikuti kebijakan dengan tetap menggunakan masker. Juga, untuk melakukan ngabuburit dan kajian keislaman untuk tetap di rumah saja.

Tujuan ngabuburit dan Bukber DPP FUAS ini adalah landasan awal untuk membangun keakraban dan menyatukan gagasan dalam mengumpulkan berbagai solusi sesama Pengurus FUAS dengan cara menggalakkan budaya bersilaturahmi.

“Di tengah pandemi Corona Covid-19, silaturrahmi kita memang terbatas. Alhasil, berbagai kebijakan adalah tetap mematuhi anjuran pemerintah. Dengan catatan, kita semua tetap menggunakan masker dan melakukan kajian keislaman dan ngabuburit (buka puasa) tetap di dalam rumah,” kata M. Ridho Agung Ketua Umum FUAS periode 2020-2022, Sabtu (9 Mei 2020).

Ada pun beberapa poin yang wajib dilaksanakan oleh Pengurus FUAS yang bersilaturahmi adalah:

  1. Tetap Physical Distancing,
  2. Wajib Membawa Masker,
  3. Sudah Karantina/Isolasi Mandiri selama 14 hari,
  4. Tidak menerima hadirin dari luar Aceh Selatan,
  5. Bersedia dirapid tes,
  6. Sudah mendapat izin dari Kadus setempat.

Meskipun pandemi Corona Covid-19 berlangsung di tengah puasa Ramadan, silaturahmi ini pun tetap bisa dijalankan. Catatan pastinya adalah tetap berpedoman pada aturan social distancing yaitu dengan menggunakan masker.

“Silaturahmi ini tetap kita laksanakan meskipun di era covid-19. Namun, silaturrahmi ini tentu dilakukan dengan tetap mematuhi protekoler siaga covid-19,” tegas Ridho Agung.

Kegiatan ngabuburit dan kajian islami yang dilaksanakan di rumah salah seorang Pengurus FUAS, Air Sialang, Samadua, dipandu oleh seorang pentausiyah dan pengarang buku terkait keislaman, yaitu Ustaz Roni Haldi, LC, seorang Penghulu Muda pada KUA Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya).

Tema yang diangkat adalah, “Perspektif Islam Melihat Urgensi dalam Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani di Era Pandemik.”

Dalam tausiyahnya, Ustaz Roni Haldi, LC menekankan pentingnya semangat persaudaraan dan silaturrahmi dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di bulan suci Ramadhan. Seperti yang tercermin dan telah diimplementasikan oleh Pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forum Ukhuwah Aceh Selatan di Samadua, Aceh Selatan.

Isi yang diulas juga berkaitan dengan kolerasi dan hubungan antara menangani Covid-19 bukan hanya persoalan medis, yaitu jaga jarak dan mengunakan masker.

Di sisi lain, Ustaz Roni Haldi, LC juga menyampaikan bahwa mengatasi pendemi ini juga dengan meningkatkan iman melalui rutinitas ibadah dan spiritualitas dalam menjalankan apa yang diperintahkan dan dijauhi oleh Allah Swt.

“Intinya kita semua wajib berikhtiar dan bertawakkal. Catatan pentingnya adalah selalu jaga imun dan tingkatkan iman,” kata Ustaz Roni Haldi, LC

Continue Reading

Aceh Selatan

PEMERINTAH GAMPONG TRIENG MEUDURO TUNONG BAGIKAN MASKER KEPADA WARGANYA

Published

on

By

Aceh Selatan, JARRAKPOSACEH — Guna memutus penyebaran Virus Corona atau Covid-19, pemerintah Gampong Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan, membagikan masker secara gratis kepada seluruh warganya.

Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah Gampong dalam memerangi penyebaran virus corona.

“Pembagian masker dengan cara mendatangi dari pintu ke pintu rumah warga ini turut dihadiri oleh Camat Sawang, Petugas Medis dari PUSKESMAS, Babinsa, Bhabinkantibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, kita juga melibatkan para perangkat, ketua pemuda,ketua tim PKK, Kader Posyandu serta Relawan Covid-19 Gampong,” kata Keuchik Trieng Meuduro Tunong.

Menurut Irwanda,S.Pd, pembagian masker dengan cara Door to Door ini untuk memastikan warga Gampongnya memakai Masker di tengah pandemi Corona ini serta sebagai kepatuhan pemerintah Gampong terhadap pelaksanaan Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Masker yang kita bagikan ini sebanyak 1.100 masker. Kami juga menghimbau pada seluruh Masyarakat untuk menggunakan masker saat keluar rumah,” paparnya.

Irwanda melanjutkan, ribuan masker yang dibagikan kepada warganya tersebut bersumber dari APBG Tahun 2020.

“Masker itu, Masker kain yang kita berikan pada warga. Sehingga, warga benar-benar aman dari virus,” pungkasnya.

Sementara itu camat sawang Masriadi,S.STP, M.Si menyampaikan bahwa Program ini sangatlah bermanfaat dan sesuai dengan anjuran dari Pemerintah agar setiap warga masyarakat diberikan masker oleh Gampong dengan menggunakan dana Gampong, itulah perlunya penganggaran dana Gampong untuk pencegahan penyebaran covid 19, ini adalah tindakan preventif yang memang sesuai dengan anjuran dari Pemerintah, kami berharap Gampong lain dalam kecamatan sawang dapat segera membagikan masker kepada warganya.

Continue Reading

Trending