Ekonomi

Ekspor Kedua Cangkang Sawit, Badan Karantina Pertanian Aceh Lepaskan 9.820 MT ke Jepang

Aceh, JARRAKPOSACEH.com -Badan Karantina Pertanian Aceh wilker Langsa Sabtu 05 September 2020, melakukan ekspor kedua kalinya cangkang sawit sebanyak 9.820 MT dengan nilai Rp. 15.430.000.000,- yang dilakukan oleh PT. Sultana Biomas Indonesia ke negeri Sakura Jepang

Menurut Kepala Badan Karantina Pertanian Aceh Drh. Ibrahim, Ekspor cangkang sawit ke negara tujuan telah dilakukan proses fumigasi oleh fumigator yang telah diregistrasi Badan Karantina Pertanian (Barantan).

Produksi cangkang sawit di Aceh sangat tinggi dikarenakan semakin meluasnya pengembangan area perkebunan kelapa sawit di Aceh dan juga dengan semakin bertambahnya jumlah pabrik pengolahan kelapa sawit

Selama ini ekspor ke negara tujuan seperti Jepang dilakukan melalui pelabuhan Belawan – Sumatera Utara.

Menurut Drh. Ibrahim dalam keterangannya menyampaikan “Dengan meningkatnya fasilitas pelabuhan Langsa, maka ekspor dapat dilakukan langsung melalui pelabuhan yang ada di Aceh, sehingga dapat memangkas biaya transportasi darat dan biaya lainnya yang timbul akibat terlalu jauhnya jarak tempuh”.

Sementara Ekspor perdana telah dilakukan pada bulan Agustus yang lalu oleh perusahaan yang sama sebesar 7.000 MT ke negara Jepang dengan nilai mencapai 11 milyar rupiah.

Dengan adanya ekspor
Komoditas pertanian ini sangat diharapkan terjadinya peningkatan ekonomi masyarakat Aceh khususnya dan penambahan devisa negara.

Semoga ekspor cangkang ini dapat memicu pertumbuhan ekspor produk-produk pertanian Aceh lainnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Aceh” demikian pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button