News

Tiga Desa di Aceh Selatan Mendapatkan Penghargaan Program Kampung Iklim 2020

JARRAKPOSACEH.Com | Aceh Selatan- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menganugerahkan Penghargaan Sertifikasi Penghargaan Kampung Iklim Utama Tingkat Nasional tahun 2020 kepada sejumlah gampong di Aceh Selatan.

Penghargaan ini bisa kita lihat pada acara puncak Festival penghargaan Program Kampung Iklim 2020 yang dibuka Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya melalui kanal YouTube Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Jumat (23/10/2020).

Dalam kegiatan tersebut, pihak kementerian akan memberikan tiga kategori penghargaan yaitu Penghargaan ProKlim Utama Tahun 2020, Penghargaan ProKlim Lestari Tahun 2020 dan Apresiasi Pembinaan ProKlim Tahun 2020.

berdasarkan SK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.Sak.401/MENLHK/PPI/PPI.0/10/2020 Tanggal 19 Oktober 2020 tentang Penerima Penghargaan Sertifikasi ProKlim Utama Tahun 2020, tiga diantaranya didapat oleh desa di kabupaten Aceh Selatan yang ditetapkan sebagai ProKlim Utama Tingkat Nasional, yaitu Gampong Lawe Cimanuk Kecamatan Kluet Timur, Gampong Lawe Melang dan Gampong Koto Kecamatan Kluet Tengah.

Kepala Bidang Tata Ruang dan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Selatan, Asrimaida, ST juga sebagai Verifikator Kabupaten menjelaskan bahwa Penghargaan ProKlim UtamaTingkat Nasional adalah Capaian yang sangat luar biasa.

“Ini kali pertamanya kita mengikuti Festival Program Kampung Iklim, perjuangan panjang serta persiapan lapangan yang penuh dengan tantangan, namun dengan kerjasama lintas sektor, kesiapan aparatur gampong dan keterlibatan peran serta masyarakat adalah kunci keberhasilan menuju Kampung Iklim, semoga perjuangan ini menghasilkan yang terbaik buat kabupaten Aceh Selatan,” harapnya.

Selain itu, Asrimaida, juga menjelaskan capaian yang luar biasa ini tidak terlepas dari kerjasama dan kelompakan dari Kelompok masyarakat pelopor Proklim, diantaranya Jannatun Amin selaku Koordinator, Syukri Amin Dari Desa Koto, Sutrisno Dari Desa Lawe Melang, dan Fajal Dari Desa Lawe Cimanok.

“Kita harus berterima kasih kepada mereka kalau bukan mereka yang berjibaku dalam pelaksanaan di Gampong tersebut hingga meraih penghargaan ini”, jelasnya.

Untuk diketahui, masing-masing kelompok yang mendapatkan penghargaan Kementerian Lingkungan Dinas dan Kehutanan Republik Indonesia adalah KTH-HKM (Kelompok Tani Hutan) Ujung Delong Kedie, Gampong Lawe Melang yang diketuai oleh Maksuddin, KTH-HKM Rumah Rungko, Gampong Koto diketuai Musdar Ilyas dan KTH-HKM Lawe Teuneubok, Gampong Lawe Cimanok diketuai oleh Zulkifli.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button