News

Hadapi Krisis Pangan, Reza Idria Berikan Solusi.

JARRAKPOSACEH.Com | Banda Aceh – Selama Covid-19 melanda Indonesia, banyak hal yang ditimbulkan, salah satunya Indonesia dihadapkan dengan krisis dibidang perekonomian. Krisis ini menyebabkan resesi perekonomian yang ditandai dengan berkurangnya produksi dan meroketnya harga barang.

Covid-19 membuat segalanya tidak mungkin sehingga gerakan pemenuhan pangan berskala keluarga menjadi inisiatif penting dan luar biasa.

Dalam webinar yang diadakan SEJAJAR dengan tema, “Strategi Ketahanan pangan Aceh dan inisiasi komunitas menghadapi krisis pandemic Covid-19”, banyak bermunculan hal-hal yang dianggap krusial, salah satunya antisipasi terhadap krisis pangan.

Sebagai penanggap dalam webinar tersebut, Reza Idria menjelaskan dirinya sering memposting kegiatan di media sosial dalam inisiasinya mengembangkan Blok-B, nama untuk tempatnya bercocok tanam sejak April 2020 lalu.

Nama Blok B sendiri merupakan sindiran untuk Pemerintah Aceh dalam kegiatannya mengembangkan potensi migas sebagai alternatif sumber daya energi.

Menurutnya, “mimpi blok migas” itu bisa lebih nyata jika pemerintah melihat potensi agraria yang dimiliki Aceh, sehingga di masa pandemi ini dirinya menjelaskan akan banyak hikmah bagi masyarakat untuk melahirkan inisiatif bercocok tanam dengan berbagai media. Karena krisis pangan bisa membunuh manusia lebih dari pandemi itu sendiri.

“Saya mengembangkan blok-B sebagai potensi migas alternatif sumber daya energi, sehingga mimpi blok migas itu bisa lebih nyata jika pemerintah melihat potensi agraria yang dimiliki Aceh”, jelasnya, Rabu (28/10/2020).

Reza Idria berharap, di tengah pandemi ini harus ada hal yang dikembangkan sehingga krisis pangan tidak terjadi. Reza mencontohkan pengalaman empiris Blok B nya yang baru berkembang selama tiga bulan ini sudah menghasilkan, bagaimana jika ini dikembangkan lebih massif dan terstruktur dan selangkah lagi dengan membuka akses pasar, pintanya. (SG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button