News

GeRAK Adakan Diskusi Pilkada Di Era Pandemi

Banda Aceh, jarrakposaceh.com – menjelang perencanaan penetapan tahapan pilkada Aceh tahun 2022, Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) dan Sekolah Anti Korupsi Aceh menyelenggarakan kegiatan NGOPI (Ngobrol Pintar) melalui virtual, Selasa (19 Januari 2021).

Acara yang diikuti puluhan peserta ini mengusung tema, Menilik Pilkada Sehat di Aceh Pada Masa Pandemi dengan pemateri Wakil Ketua II DPRA Hendra Budian, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Panwaslih Aceh Fahrul Rizha Yusuf, Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdullah Dahlan dan Anggota KIP Aceh, Tgk. Akmal Abzal.

Pada diskusi tersebut, Abdullah Dahlan menyampaikan keresahannya terhadap penyelenggaraan pilkada di masa Pandemi ini. Menurutnya, pilkada saat ini kontradiktif dengan aturan yang ada. Pasalnya, tidak mudah mengingat bahwa saat ini pandemi masih melanda dunia, tak terkecuali Indonesia.

Dahlan melanjutkan, ada perubahan mendasar terhadap aktifitas kampanye di masa pandemi, salah satunya terkait dengan larangan kampanye di ruang publik.

“Di masa Pandemi tentunya kita harus menjaga diri saat kampanye, atas dasar ini ada perubahan mendasar pada aturan, yaitu adanya media lain dalam kampanye, seperti menggunakan media sosial. Ini salah satu pola kampanye yang harus dijalankan oleh peserta Pilkada”, terang Dahlan.

Selain itu, Hendra budian menjelaskan terkait tugas DPRA dalam penyelenggaraan pilkada tahun 2022. Menurutnya tugas DPRA dalam konteks pilkada harus memastikan jadwal, sinkronisasi dengan KIP, Bawaslu dan eksekutif serta memastikan kesediaan Anggaran saat Pilkada mendatang.

Tidak hanya itu, sebagai penyelenggara pilkada Aceh, Akmal Abzal pada kesempatannya juga menyampaikan kesiapan semua pihak terkait dengan adanya tahapan pilkada di Aceh, sehingga pilkada pada tahun 2022 mendatang diharapkan benar-benar siap baik dari sisi anggaran maupun regulasi. (SG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button