BudayaDaerah

Disbudpar Aceh Segera Hadirkan Pentas Aceh Milenial; Seni Budaya Aceh Tampil Di Beragam Live-Virtual

Banda Aceh – PENTAS ACEH MILENIAL ‘Untold Story Of Aceh’ even menampilkan kesenian Aceh yang dikemas dengan gaya milenial, Jumat (5/2/2021).
Selain menampilkan seniman dari berbagai bidang jenis seni, seperti teater, musik, hikayat, band dsb, juga diisi pertunjukan lukisan live mural. Live Mural oleh Faris juga menjadi suguhan yang menarik selama prosesi pertunjukan dilangsungkan.

Event ini tidak hanya sebuah ceremonial semata melainkan ada value didalamnya agar kebudayaan Aceh tetap terjaga dan terus dilestarikan meskipun digelar di era pandemi covid-19 dengan mematuhi standar protokol kesehatan.
Agenda pembukaan even ini dijadwalkan melibatkan kehadiran Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Aceh Jamaluddin, SE, M. Si, Ak sebagai penyampai pembukaan yang berlangsung di Gedung Tertutup Taman Seni & Budaya Aceh disertai tayangan virtual live streaming (virtual) di channel youtube Disbudpar Aceh pada Sabtu dan Minggu (13 dan 14 Februari 2021).

Berbagai penampilan dapat dinikmati dari berbagai jenis karya seni budaya Aceh yang kaya nilainya, antaranya; Tarian Daerah (Ranup Lampuan Sanggar Al-Hijrah, Didong Tijah Linge, Rapai Geleng), Tari Kreasi (Sanggar Buana, Sanggar Meurunoe Art, Sanggar Seni Rampagoe).

Pertunjukan seni musik antaranya; Guest Star Perform (Gery The Voice, Pupha Etnica, Rialdoni), Musik Hiburan (Semuka, Pasha Drumer Cilik, Wira Violin, Galaxy, Balbarawas)

Pencinta seni budaya Aceh dalam even ini dapat menonton langsung di Gedung Taman Seni Budaya Aceh dengan kapasitas terbatas sejumlah 100 orang, bagi yang tidak berkesempatan hadir langsung di lokasi, pertunjukan dapat dinikmati secara online virtual.

Sebagai pelaksana kegiatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyuguhkan berbagai kesenian dan kebudayaan Aceh yang penting sekali untuk terus terpelihara agar generasi Indonesia dapat mengetahui kekayaan khazanah nilai-nilai peradaban negeri Serambi Mekkah.

Berlangsung selama dua hari berturut-turut, para peminat seni budaya Aceh dalam even PENTAS ACEH MILENIAL ‘Untold Story Of Aceh’ juga disuguhi penampilan dari berbagai komunitas, grup, sanggar seni budaya seperti; Hikayat Aceh oleh Mirja Badih, Musik dan Puisi oleh Zulfikar Teater Mata.

Dari jenis seni Aceh yang cukup langka ditampilkan Mop Mop Aceh, serta dijadwalkan pula penonton dari channel youtube Disbudpar Aceh dapat menikmati pertunjukan teater oleh Sanggar Teater Rongsokan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button