News

Gerakan Aceh Hebat Kembali Lakukan Aksi Jilid IV

Banda Aceh, jarrakposaceh.com – Sejumlah mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Gerakan Aceh Hebat (GAH) kembali melakukan unjuk rasa di halaman kantor Dinas Perhubungan Aceh, Kamis (25/2/2021).

Aksi yang berlangsung mulai jam 11.00 WIB itu di koordinir Eriza Gusmanda. Menurutnya, aksi yang dilakukan di halaman Dinas Perhubungan Aceh tersebut menuntut pihak Dinas Perhubungan Aceh untuk transparan terhadap persoalan KMP Aceh Hebat, 1, 2 dan 3.

“Selama ini publik tidak mengetahui persoalan pembelian KMP Aceh Hebat 1, 2 dan 3 sehingga hal ini banyak menimbulkan tanda tanya”, jelas Eriza.

Tidak hanya itu, Eriza juga menjelaskan tahun 2020 lalu, Pemerintah Aceh mengalokasikan anggaran sebesar Rp 378 miliar untuk pengadaan tiga KMP Aceh Hebat.

Menurutnya, kapal tersebut masing-masing bernama KMP Aceh Hebat 1 berkapasitas 1.300 GT, yang melayani rute Pelabuhan Calang, Aceh Jaya-Pelabuhan Simeulue Aceh. Kemudian KMP Aceh Hebat 2 berkapasitas 1.100 GT, melayani Ulee Lheue, Banda Aceh – Balohan Sabang. KMP Aceh Hebat 3 berkapasitas 600 GT yang melayani rute Aceh Singkil-Pulau Banyak.

Walaupun pembelian KMP Aceh Hebat 1, 2 dan 3 ini dinilai berhasil “membebaskan” Aceh dari daerah terisolir, namun ketentuan ini patut dipertanyakan kepada pemerintah terkait transparansi dan keabsahan nilai jual kapal tersebut ke publik.

“Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan besar di mata publik, yaitu pembelian kapal sebanyak 3 buah itu dilakukan rentang waktu 10 bulan saja dan adanya dugaan kapal Aceh hebat itu dibeli Pemerintah Aceh berupa barang bekas”, jelasnya.

Duga Eriza, kebijakan pembelian kapal ini adanya Mark Up dalam pembelian Kapal masing-masing bernilai Rp 178 Milyar itu. Bahkan, proses pembelian kapal itu tanpa melalui lelang, sehingga publik bertanya atas kebijakan ini. (SG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button