Aceh SelatanEkonomi

Panen Perdana, BUMG IMAM SABIL Lawe Melang Hasilkan Lebih 10.000 Pokok Pisang Pertahun

JARRAKPOSACEH, Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) IMAM SABIL Gampong Lawe Melang Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan panen perdana tanaman pisang Rabu (17/03/2021).

Panen perdana ini dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran,Ibu Bupati Kailida, SPd,Kepala DPMG Kab. Aceh Selatan Ibu Agustinur, Tenaga Ahli P3MD Kab. Aceh Selatan, Muspika dan PD/PLD Kecamatan Kluet Tengah.

Keuchik Gampong Lawe Melang Suid Ahmad yang didampingi Direktur BUMG Fajri menjelaskan beberapa harapan dan rencana kedepannya untuk membangun dan mengembangkan hasil pisang tersebut sehingga dapat mendongkrak prekonomian masyarakat.

Diantara rencana BUMG dalam waktu dekat ini adalah selain hasil pisang dari kebun BUMG juga akan menampung pisang-pisang dari kebun masyarakat untuk dijual langsung ke pengepul di Ibukota Kabupaten Aceh Selatan maupun ke Kota-kota besar lainnya. Sementara untuk rencana menengah BUMG akan melatih dan memberdayakan kelompok-kelompok perempuan untuk membuat bermacam-macam aneka olahan makanan dari pisang.

Jumra Adina, SP selaku Pendamping Lokal Desa yang sangat aktif mendampingi Gampong Lawe Melang mengutarakan bahwa munculnya ide untuk membuat kebun pisang milik BUMG sekarang ini tidak terlepas dari keluarnya Surat Edaran Menteri Desa, SE No. 15 Tahun 2020 tentang Padat Karya Tunai Desa dan Pemberdayaan Ekonomi melalui Badan Usaha Milik Desa guna meminimalisir dampak penurunan ekonomi masyarakat akibat wabah Covid-19.  Jumra juga menargetkan bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama BUMG IMAM SABIL Gampong Lawe Melang akan dapat memperoleh status badan hukum seperti yang di amanatkan dalam PP No 11 Tahun 2021 tentang BUMDES.

Kebun pisang BUMG IMAM SABIL Gampong Lawe Melang ini luasnya sekitar ±6 Ha dan telah ditanami 3000 bibit pisang dimana dalam 1 pokok pisang akan melahirkan anakan pisang mencapai 4-8 pokok pertahunnya. Maka dalam 1 tahun insya Allah panen pisang di Kebun BUMG IMAM SABIL mencapai lebih dari 10.000,- pokok pisang.

Kadis DPMG Aceh Selatan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada BUMG IMAM SABIL Gampong Lawe Melang yang telah berhasil membuat terobosan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki Gampong dengan membudidayakan tanaman pisang. Pemda Aceh Selatan melalui DPMG akan berusaha membantu sepenuhnya baik dari segi pembinaan, pemasaran dan kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya mendesak untuk dibantu. (Salam SDGS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button